yes

Bahaya kertas pembungkus gorengan
Siapa yang tidak suka gorengan? apalagi gorengan yang dijajakan dipinggir jalan. Selain rasanya enak ditambah harganya yang murah menjadi makanan favorit semua orang. Bungkusan kertas bekas biasanya dipilih pedagang gorengan untuk menjadi wadah jajanan tersebut. Kertas Pembungkus gorengan disatu sisi dapat menyerap minyak dari gorengan, tapi disisilain akan berdampak bagi kesehatan kita.

Namun, waspada jika di dalam bungkusan tersebut dari koran atau ada ada tintanya. Tinta pada kertas terserap oleh gorengan, yang akhirnya akan masuk dalam tubuh kita. Tinta (koran / kertas cetakan) tidak didesain untuk untuk kemasan apaagi makanan. Kertas yang mengandung tinta bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Untuk ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang mengandung timbal akan menyebabkan anaknya memiliki risiko  terkena autis

Dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof Dr Nuri Andarwulan, tinta dari bungkusan gorengan bisa menurunkan daya ingat seseorang alias pikun.

"Sekarang seringnya kertas putih bekas ketikan. Tapi yang polos untuk bagian luarnya, yang dalamnya yang bertinta. Ini kebalik," ujar Profesor Nuri.

Menurutnya, kertas yang digunakan untuk makanan seperti gorengan sebaiknya kertas minyak. Jika tidak ada, kertas yang polosan tanpa tinta. Alasannya, tinta di kertas itu mengandung logam berat. Dan jika terkena ke makanan dan dikonsumsi bisa memicu gangguan kesehatan. Begitu juga dengan kertas HVS yang biasa jadi alternatif mengandung zat pemutih. kebanyakan zat berbahaya

"Logam berat itu terakumulasi mengikuti metabolisme kalsium, sehingga merugikan tulang dan gigi. Selain ke tulang, bisa ke otak yang membuat penurunan daya ingat, serta alzheimer," ujarnya.




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.