yes

Hobi Makan Sashimi, Pria China Digerogoti Cacing Pita
Hobi memang mahal harganya, apapun akan usahakan dan dilakukan untuk memenuhi hobinya. Tapi apa jadinya kalau hobi itu malah hampir membunuh dirinya. Seperti yang di rasakan seorang pria dari China. Karena hobi makan sushi dan sashimi seluruh tubuhnya dipenuhi cacing pita. Bagaimana bisa?

Pria yang tak disebut namanya itu memeriksakan diri ke dokter. Ia mengeluhkan sakit luar biasa di bagian perutnya dan gatal di seluruh kulitnya.

Dokter yang melakukan pemindaian pada tubuh pasien, menemukan kodisi horor: cacing pita memenuhi badan pria tersebut. Pria ini mengaku sering memakan makanan khas jepang, terutama sashimi. Sashimi adalah salah satu makanan yang terdiri dari irisan ikan mentah yang disajikan dalam kondisi segar yang disiram dengan cuka khas.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara lengkap dipastikan bahwa irisan daging mentah yang ada dalam sashimi tercemar telur cacing pita dan dokter setempat meyakini cacing-cacing tersebut masuk kedalam tubuh korban melalui sashimi yang dimakannya.

Sejumlah penelitian menunjukan, mengonsumsi ikan mentah atau yang tak matang bisa mengakibatkan berbagai infeksi parasit.

Infeksi cacing pita terjadi setelah pasien menelan larva diphyllobothrium, yang ditemukan pada ikan tawar seperti salmon, yang sudah diasinkan atau diasap. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Kasus infeksi cacing pita diketahui meningkat di area-area miskin dengan sanitasi yang buruk. Namun, hal serupa juga ditemukan di negara maju.

Diduga, peningkatan kasus di negara maju diakibatkan makin meningkatnya popularitas sushi dan sashimi. Demikian ditulis di jurnal Canadian Family Physician.

"Makin meluasnya popularitas makanan Jepang, sushi dan sashimi, berkontribusi pada hal tersebut," kata penulis studi, Nancy Craig seperti kutip dari Daily Mail, Kamis (25/9/2014).

"Makanan populer lain juga mungkin terkait, seperti filet (ikan) mentah yang diasinkan -- yang berasal dari Baltik atau Skandinavia. Juga carpaccio -- ikan atau daging mentah super-tipis yang biasa disajikan di Italia, salmon mentah, dan atau ceviche yang direndam cairan garam yang tak terlalu asin."

Sementara, Dr Yin dari Rumah Sakit Guangzhou dalam situs that'smags.com mengatakan bahwa makanan yang terkontaminasi  telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis -- kondisi ketika cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang.

Tipe infeksi ini tak bisa dianggap remeh. Bisa mengancam jiwa seseorang, jika cacing mencapai otak manusia.


Sumber | Liputan 6

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.